Jumat, 07 Desember 2012

  • Lokasi Sembunyi McAfee Bocor Karena iPhone

    Meksiko - Tertangkapnya bos peranti lunak antivirus John McAfee ternyata berawal dari ketidaksengajaan. McAfee yang bersembunyi sejak 11 November 2012 memang menjalin kontak dengan sejumlah orang terpilih, termasuk para jurnalis.
    Ia bersembunyi setelah mendapat tuduhan terlibat dalam pembunuhan tetangganya di Belize, Gregory Faull. McAfee selama ini dicari oleh pemerintah Belize atas kematian pria berusia 52 tahun itu. Polisi menuduh bahwa Ia adalah pria yang mempunyai motif terhadap kematian Faull.
    Selama bersembunyi, seluruh pernyataan resmi dari pendiri antivirus McAfee ini dituangkan dalam laman thewhosimcafee. McAfee diketahui menjalin hubungan dengan reporter Joshua Davis dan kartunis Chad Essley yang mengelola blog McAfee. Majalah Vice sempat menurunkan wawancara eksklusif dengan McAfee yang dipublikasikan secara daring.
    Kisah McAfee dalam persembunyian itu memasukkan foto dari telepon pintar milik redaktur senior majalah Vice. Dari foto terlihat bahwa gambar McAfee diambil dari iPhone 4S. Peranti buatan Apple ini secara otomatis akan mengunggah lokasi pengambilan foto. Gambar tersebut menunjukkan bahwa McAfee berada di kawasan Parc Nacional Rio Dulce di Guatemala.
    Setelah para pengguna Twitter menyadari kesalahan majalah Vice, McAfee menulis di blog bahwa dia telah memanipulasi data dalam gambar. Pada saat yang bersamaan pula, majalah Vice segera mengganti foto McAfee.
    Majalah Vice menulis wawancara eksklusif tersebut dengan judul: "We are with John McAfee, Sucker". Di dalamnya terdapat foto yang bisa diketahui dengan metadata bahwa McAfee berada di Guatemala.
    Metadata mengungkap data garis lintang dan garis longitudinal foto tersebut. Terlihat bahwa Redaktur Senior majalah Vice, Rocco Castoro, dan fotografer Robert King telah mengikuti McAfee selama empat hari. Merupakan hal yang wajar bahwa telepon pintar dilengkapi dengan data lokasi untuk gambar. Semua otomatis akan terunggah jia fitur lokasi tidak dimatikan.


    Sumber : Yahoo News ID

  • 0 komentar :

    Posting Komentar

    Copyright @ 2013 Iqbal 113 .